A. Definisi
Konsumerisme pada dasarnya hadir dari efek penyamaan dari rasa kebahagiaan
manusia dengan rasa memiliki barang dan belanja, term ini digunakan untuk
mendeskirpsikan dan istilah ini biasanya dikaitkan dengan kritik terhadap
konsumsi oleh Karl Marx dan Thorstein Veblen maupun Keynes, pada dasarnya
konsumerisme bertujuan bahwa pilihan bebas dari konsumen harus menentukan
struktur ekonomi masyarakat (Lingoes Dictionary)
Konsumerisme biasanya dipahami sebagai gerakan sosial yang bertujuan untuk
melindungi konsumen terhadap ekses bisnis dan mempromosikan hak-hak konsumen
(McGregor, 2003: 3), pada prinsipnya gerakan ini berusaha untuk memperjuangkan
hak-hak konsumen yang dipengaruhi oleh kekerasan struktural (masalah tanah sewa
dengan para pemilik tanah, diskriminasi perumahan, penyalahgunaan terhadap
konsumen lanjut usia, diskriminasi terhadap perempuan oleh lembaga keuangan,
dan anak-anak sebagai konsumen mudah diserang). Didalam penjelasannya McGregor
mencoba menjelaskan permasalahan terkait konsumerisme dari sudut pandang yang
berbeda dari beberapa peneliti yang melihat bahwa permasalahan konsumerisme
disebabkan oleh pasar yang sudah diatur, namun mencoba dari sudut pandang bahwa
kekerasan structural juga dikarenakan perilaku pembeli.