Kata damai atau peace secara
etimologis ditemukan sekitar abad 12 dan berasal dari kata bahasa inggris abad
pertengahan yaitu pees, yang diambil dari bahasa anglo-perancis pes dimana kata
pes sendiri diambil dari bahasa latin yaitu pax yang berarti
persetujuan,diam/damai dan keselarasan, berdasarkan konteks ini maka lawan dari
kata peace secara etimologis adalah kata conflict, kata yang berasal dari abad
ke 15 diambil dari bahasa inggris pertengahan dan latin yaitu conflictus yang
bermakna membentur,menolak,tidak selaras (Merriam-Webster's Collegiate® Dictionary,2011).
Sedangkan pengertian
peace/perdamaian secara terminologis (istilah) adalah tidak adanya peperangan
/conflict kekerasan, sedangkan arti perang adalah konflik kekerasan secara
langsung, jadi perang terjadi ketika tidak bisa dicapainya penyelesaian konflik
melalui metode tanpa kekerasan sehingga memaksa pihak-pihak terlibat
perselisihan tadi untuk melakukan aksi kekerasan sebagai satu-satunya cara,
dari sini bisa diperhatikan bahwa konflik sendiri terbagi menjadi dua, yaitu
conflict tanpa kekerasan dan konflik dengan menggunakan kekerasan (perang)
(Graham Evans and Jeffrey Newnham, 1998).
Definisi kekerasan sendiri adalah
sebuah aksi atau tindakan yang bertujuan untuk merusak,mencederai,melukai
bahkan memusnahkan property bahkan manusia (Collins COBUILD Advanced Learner's
Dictionary 5th Edition,2011) dan kekerasan sendiri terbagi menjadi dua yaitu
kekerasan secara langsung (direct violence) yang dimaksud kekerasan secara
langsung tidak sekedar melakukan kekerasan secara langsung seperti tapi lebih
dari itu yaitu merupakan aksi yang bertujuan untuk menciptakan hirarki
dan hegemoni, sedangkan kekerasan structural (structural violence) adalah
kekerasan yang diawali dari adanya perbedaan kelas dan posisi yang menghegemoni
dan dihegemoni sehingga memungkinkan terjadinya tindakan
alienasi-diskriminasi-eksploitasi-represi yang bertujuan untuk menjaga hirarki
yang sudah ada oleh kelompok yang berkuasa maupun bertujuan untuk
menghancurkannya oleh kelompok yang ditindas (Thomas Matyok,2011) , kekerasan structural
biasanya dilakukan oleh kelompok mayoritas atau yang memegang kekuasaan
sehingga didalam penerapan kehidupan berbangsa dan bernegara selalu memihak
pada kelompok berkuasa/mayoritas dan mendiskriminasi kelompok yang
tertindas/minoritas, contohnya antara lain seperti ketidakbebasan untuk
berkeyakinan, kesempatan untuk menerima pendidikan yang tidak adil, hak social
dan politik yang tidak setara maupun pengekangan untuk mendapat kehidupan yang
layak dibidang ekonomi, proliferasi nuklir, ledakan penduduk, pencemaran
lingkungan hidup, kepunahan mahluk hidup dan pelanggaran HAM (Rahardjo,1981)
dan kekerasan structural bisa berbentuk rasisme, sexism maupun bentuk
chauvinism yang lain, yang kemudian kekerasan secara structural ini bisa memicu
tindakan perlawanan oleh kelompok yang tertindas dan bisa memicu konflik
(peacestudies,2004).
Berbagai macam bentuk konflik dan
kekerasan kemudian menjadi stimulant untuk juga menerapkan metode-metode baru
terhadap konsep perdamaian untuk menjawab tantangan yang ada. Salah satu konsep
dasar dan konvensional yang ditawarkan adalah konsep Negative Peace, negative
peace lebih menekankan pada aspek meniadakan perang belaka (David P. Barash,
2000) juga bentuk konflik kekerasan yang luas terhadap kehidupan manusia
(Charles Webel and Johan Galtung, 2007) terutama kekerasan yang sudah lintas
batas Negara seperti perang antar Negara maupun perang sipil yang besar didalam
satu Negara (Alicia Cabezudo and Magnus Haavelsrud, 2007) maupun mengeliminasi
segala bentuk kekerasan langsung (Johan Galtung, 1969), pada prakteknya
pendekatan negative peace menghendaki tidak terjadinya perang dengan kekuatan
militer dan efek penggetarnya (deterrence) atau istilahnya damai karena kuat
dan adagium terkenal lainnya adalah jika ingin damai siapkan perang (Sivis
Pacem Parabellum), pada umumnya pendekatan negative peace bersifat coercive
(memaksa) dan reaktif.
Dan bentuk lain dari motode
perdamaian selain Negative Peace adalah Positive peace, karakter
epistemology dari Positive Peace adalah multi-disiplin dan memiliki nilai-nilai
moral dan visi dari positive peace lebih luas dari sekedar tidak adanya
peperangan/konflik kekerasan ataupun menghindarinya (David P. Barash,
2000) dan positive ingin menunjukkan kehadiran secara simultan keinginan
membangun sudut pandang pandang dimasyarakat seperti keselarasan,keadilan dan
kesetaraan (Charles Webel, 2007) pada prinsipnya Positive Peace bertujuan untuk
mengeliminasi berbagai hambatan terhadap potensial yang dimiliki manusia
terutama pada permasalahan ekonomi dan struktur social-politic (Johan Galtung,
1969) jadi positive berbeda dari negative peace yang melakukan pendekatan
kekuatan, memaksa sedangkan positive peace melakkan pendekatan nilai dan moral
serta lebih menekankan aspek pencegahan sehingga dalam proses penerapannya
positive peace lebih menawarkan bantuan dan penyelesaian konflik structural
yang terjadi baik pada masa lampau dan sekarang dengan harapan agar kedepannya
tidak terjadi konflik kekerasan (baca:perang) yang lebih besar (Diertrich Fischer,
2007) jadi bisa disimpulkan bahwa positive peace tidak hanya berfokus dari
ketidakhadiran peperangan tapi juga focus pada kehadiran perdamaian,cinta dan
nilai-nilai moral dan social di masyarakat dan menekankan pada aspek pemenuhan
kebutuhan manusia, pendekatan holistic yang ditawarkan oleh positive peace
secara langsung mengharuskan pembangunan perdamaian melalui jalur
ekonomi,social dan lingkungkan, tujuan akhir dari positive peace adalah
meminimalisir kekerasa baik secara langsung maupun yang structural.
Selain 2 pendekatan perdamaian
diatas, juga ada alternative pendekatan ketiga, yaitu pendekatan yang berusaha
mengelaborasi dan mengunifikasi pendekatan negative dan positive peace yang
diistilahkan oleh Charles Webel dengan istilah Strong Peace (Charles Webel,
2007) yang lebih menekankan pentingnya pendekatan perdamaian tidak saja pada
level social tapi juga internasional dan juga adanya kecendrungan para aktor
perdamaian individual/structural/positive ketika mendapatkan tekanan yang luar
biasa sehingga menciptakan ketakutan,keraguan dan ketidakamanan pada diri
mereka sehingga suatu waktu bisa mengentikan program perdamaian mereka, melihat
kecendrungan ini diperlukan sebuah elaborasi antara pendekatan perdamaian yang
structural/micro dengan nilai-nilai kemanusiaannya mendapatkan jaminan keamanan
dan perlindungan hukum pada skala nasional dan internasional (macro) serta
adanya keinginan para pengambil kebijakan pada level Negara untuk berkomitmen
pada perdamaian sehingga bisa tercipta proses perdamaian yang lebih
komprehensif dan kuat (peacestudies, 2004).
Case Study 1
- Kasus Internasional, konflik Palestine dari kacamata seorang pembuat film dan aktivis perdamaian Julia Bacha yang menekankan pada aspek non-violence movement dan menunjukkan keberhasilan pendekatan itu pada konflik yang sangat keras yaitu Palestine-israel tepatnya diwilayah yang bernama budruz, diwilayah ini Julia Bacha ingin menekankan bahwa pendekatan non-violence movement mampu menciptakan perdamaian bahkan melawan kekuatan bersenjata Israel ketika seluruh element masyarakat bersatu baik itu dari kalangan internal Palestine sendiri bahkan dari pihak musuhnya seperti orang-orang Israel yang mencintai perdamaian dan juga para aktivis perdamaian internasional dari berbagai Negara bersatu, dengan hanya bermodalkan kamera dan tekad yang kuat serta nilai-nilai universal yang diangkat akhirnya mampu membuat pasukan Israel menyingkir dari wilayah Palestine yaitu budruz yang ingin direbutnya dan Julia Bacha menjelaskan bahwa dengan memberikan perhatian pada pergerakan non-violence dan menyebarkannya kepada seluruh dunia melalui film maupun reportase jurnalis internasional mampu menjadi functional behavioral (tindakan yang efektif) dalam menciptakan perdamaian di Palestine dan dikawasan lain dunia.
- Dari kacamata Negative Peace, menurut saya pola pendekatan non-violence tidaklah efektif karena ketika perdamaian di Budruz bisa terjadi namun kekerasan oleh Israel diwilayah lain Palestine terus saja terjadi, karena dalam sudut pandang realisme Israel tetap akan melakukan aksi kekerasan selama lawannya tidak memberikan balasan yang setimpal kepada negaranya, sehingga menurut saya dari kaca mata negative peace memandang ini adalah tindakan yang percuma karena belum mampu menciptakan perdamaian secara menyeluruh dan negative peace disini ada benarnya ketika menekankan bahwa ketika tidak ada komitmen yang kuat kekuatan-kekuatan besar untuk menciptakan perdamaian maka semua itu akan percuma, ini bisa dilihat dari dukungan maupun aksi pasif dari Amerika Serikat terhadap kekerasan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestine sehingga membuat Israel selalu berbuat kekerasan tanpa ada komitmen untuk menciptakan perdamaian.
- Sedangkan dari sudut pandang positive peace saya memandangnya bahwa pendekatan ini sangat efektif terutama untuk melakukan proses kesadaran social pada masyarakat bahwa perdamaian bisa tercapai dengan pendekatan yang lain, yaitu pendekatan yang tidak hanya berfokus pada menciptakan keamanan tapi juga bagaimana menghadirkan perdamaian dan dalam konteks Budruz pendekatan structural nya Positive Peace sangat terasa efektivitasnya dan Julia Bacha menekankan bahwa jika tindakan yang dia dan teman-temannya itu dilakukan pada skala yang lebih luas dengan dukungan dari komunitas internasional (media massa,organisasi internasional,dll) tentu akan mampu memberikan tekanan yang kuat pada para aktor kekerasan terutama pada level kekerasan yang dilakukan oleh Negara yang selama ini memang sulit diatasi dan jika tekanan ini berhasil menghentikan aktor-aktor kekerasan untuk melakukan aksi kekerasannya maka impian menciptakan perdamaian lagi pada wilayah-wilayah lain di muka bumi akan lebih mudah digapai.
Case Study 2
- Dalam tindakan kekerasan skala Nasional saya lebih memperhatikan semakin runyamnya kondisi Negara karena adanya konflik-konflik SARA yang semakin deras dan isu SARA adalah isu yang paling berbahaya karena berpotensi besar untuk memecah belah bangsa dan Negara dari dalam, isu-isu SARA dengan berbagai motif seperti kepentingan politik,ekonomi bahkan karena memang tidak adanya kesadaran social untuk menerima perbedaan dan hidup didalamnya, baru-baru ini yang terjadi seperti kasus sampang,sengketa pilkada yang berakhir ricuh di papua,aksi pemboman oleh gerakan pengacau karena penolakannya terhadap institusi Negara seperti kepolisian dan pemerintahan ataupun aksi kekerasan horizontal lainnya seperti konflik kekerasan antar sekolah bahkan antar desa yang bertetangga, peristiwa ini semakin menuntut kita sebagai anak bangsa untuk menawarkan solusi dan melakukan aksi damai untuk menghentikannya.
- Dari sudut pandang negative peace menurut saya ini jelas bahwa kekerasan yang terjadi selama ini didalam kehidupan bernegara dan berbangsa karena kelamahan Negara dalam menegakkan aspek keamanan (militer dan kepolisian) sehingga pola-pola kekerasan baik yang dilakukan oleh individu maupun dalam kelompok-kelompok pelaku kekerasan terkesan dibiarkan begitu saja dan baru dilakukan aspek penciptaan keamanan ketika konflik pecah dan itupun alat-alat Negara seperti kepolisian masih terlihat lemah, terlalu pasif dan masih belum berani untuk tegas dalam memberantas oknum-oknum pelaku kekerasan baik individual apalagi yang organisasional.
- Sedangkan dari kaca mata positive peace, kekerasan SARA dengan berbagai motifnya yang terjadi karena masih belum adanya kesadaran structural dimasyarakat, seperti kesadaran social masyarakat untuk hidup rukun ditengah-tengah perbedaan, belum lagi aksi-aksi kekerasan karena sengketa politik dan ekonomi, pendekatan Positive Peace sangat penting disini untuk menghindari adanya konflik kekerasan, kesadaran dalam kehidupan social-masyarakat melalui pendidikan kemudian peningkatan taraf ekonomi masyarakat untuk menghindari adanya kecemburuan social dan penciptaan kesejahteraan dan pendidikan politik untuk melakukan aktivitas politik yang baik sangat penting untuk dilakukan selain penciptaan lembaga-lembaga baik dari pemerintah seperti lembaga perlindungan HAM dan swasta seperti LSM-LSM untuk mengawasi dan menjaga agar proses perdamaian tetap berjalan dan pencegahan terhadap aksi-aksi kekerasan tetap dilakukan.
Thank you, bagus buat jadi referensi tugas...
ReplyDeletesaya bisa minta buku nya gak gan yang punya barash
ReplyDeletekalau bisa ke dedekmuhtarefendi@gmail.com
Wau, terima kasih buat penjelasannya.
ReplyDeletesbobet303
ReplyDeletesobatpoker
www.bukakunci.com dewapoker
vivopoker
glorystarbet
kedaicasino
pokerzara
soccer88
bandardewaqq
agenbola888
kedaicasino
pokerbulls
pokerwaw
sobat poker
wap nusa21
dewacasino 88
alexabet88
bola888 link alternatif
link alternatif nusa21
sbobet unblock
www.sbobet88
login nusa21
v88poker
nusa21 mobile
www.gabungsbo.com
lemacau
sobatpoker.com
sbobet 303
goldwin678
kasirjudi
SPEEDBET
LIGAIBC
LINK ALTERNATIF RAYAPOKER
LINK ALTERNATIF VIVOPOKER
glorystarbet
Link Alternatif sbobet303
QIUCEME
CAPSAQIU
wymbet
ReplyDeleteLink Alternatif Wymbet
Situs Wymbet
Daftar Wymbet
Login Wymbet
Livechat Wymbet
Promo Wymbet
Bonus Wymbet
Wymbet Link Alternatif
Situs Judi Bola Online wymbet
Judi Online Terpercaya Wymbet
judi bola wymbet
judi bola online wymbet
taruhan bola wymbet
taruhan bola online wymbet
agen bola88 terpercaya wymbet
taruhan online wymbet
daftar judi bola online wymbet
situs bola online wymbet
minimal deposit wymbet
agen judi bola wymbet
agen bola terpercaya wymbet
agen bola online terbesar wymbet
agen judi bola terpercaya wymbet
agen judi online wymbet
agen sbobet wymbet
agen sbobet terpercaya wymbet
agen taruhan bola online wymbet
Koi365
Clubmpo
qqcasino
asialive88 deposit
aslive88
asialive88
cwdbet
viopoker
josbet888
igamble247.com
link alternatif w88 2018
w88 indo
asialive88 link alternatif
ninjapoker88
dewavegas online
poker1001
JUDI ONLINE TERPERCAYA WYMBET
SITUS AGEN JUDI BOLA ONLINE TERPERCAYA
SURGAWIN
KARTUGOL
YUKBOLA
OLENATION
PROMO BONUS ASIALIVE88
LINK POKER88
Link Alternatif asialive
poker1001
QQARENA88
OVO188
Warkoppoker
ReplyDeletePERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA
ReplyDeleteWebsite paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
* Minimal Deposit : 20.000
* Minimal Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
* Poker Online Terpercaya
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL tersedia deposit via OVO dan PULSA TELKOMSEL serta XL
Contact Us
Website : SahabatQQ
WA 1 : +85515769793
WA 2 : +855972076840
LINE : SAHABATQQ
FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
TWITTER : SahabatQQ
Blog : Artikel SahabatQQ
Daftar SahabatQQ
GILAPOKER
ReplyDeleteHEBATJUDI
Bonus Poker Terbesar
Cara Deposit Poker
Cara Menang Poker
Jackpot poker Online
Bonus New Member
LASKARBOLA88
GARUDA GAME merupakan situs slot online terbaik yang sudah memiliki banyak peminat yang berasal dari seluruh Indonesia.
ReplyDeleteDengan minimal deposit hanya 10.000 Anda sudah dapat bermain semua permainan yang sudah kami sediakan di GARUDA GAME diantaranya live casino online, slot online, tembak ikan, poker online, tangkas net dan judi bola online.
Selain itu anda tidak perlu takut Jika Anda menang dalam jumlah berapapun pasti GARUDA GAME bayar 100% secara Full.
garudagame
garuda game
slot online
slot online
slot online
garuda game
slot online
garuda game
garuda game
garudagame
Info Euro
ReplyDeleteinfo seputar betting
info dunia betting
Situs Sportbook Terbesar Indonesia
Sportbook Spesial Euro
bomfreespin.com
Sportbook Spesial Euro
Bomfreespin
ReplyDeleteBomjudi
Bom Judi
Bom Free Spin
Situs Slot Tergacor
Slot Gampang Menang
AFB
AFB 365
AFB365
Pokerclub88
3dbet
Hobispin
Hobi Spin
Hobi Free Spin
Hobifreespin